Prediksi Kelulusan SMA/SMK/MA 2012

Prediksi Kelulusan SMA/SMK/MA 2012



Hari kelulusan siswa smu telah ditunggu tunggu, yang jatuh pada tanggal 16 mei 2012, bagi siswa yang sekarang berada di sekolah menengah ini pasti tidak sabar ingin mengetahui hasil kelulusannya. Pelaksanaan ujian kemarin tepatnya 18 April 2012 pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA dimulai. Dinas Pendidikan (Disdik) pun terus melakukan berbagai persiapan, baik teknis maupun nonteknis. Termasuk, bagaimana bentuk pengamanan naskah ujian yang diperkirakan tiba pada H-2 UN.

Pelaksanaan ujian nasional (UN) 2012 sama dengan tahun sebelumnya. Terutama pada standar nilai kelulusan dan teknis pelaksanaan lainnya. Nilai kelulusan siswa masih tetap yaitu 5,5. Begitu juga soal tetap dibagi dalam enam macam paket, yakni lima soal utama dan satu cadangan bila ada soal tak lengkap atau rusak. Termasuk tidak ada ujian ulangan.

Kepala Dinas Pendidikan Kutai Timur (Kutim) Iman Hidayat didampingi Kepala Bidang Pendidikan Menengah Wagiman menuturkan, UN sebenarnya tidak perlu ditakuti pelajar selama dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

“Seluruh persiapan mulai pengayaan bagi guru maupun siswa telah dilakukan. Begitu pula motivasi dari sekolah dan orangtua selalu diberikan,” ujarnya, seperi diberitakan Bontang Post (Grup JPNN).

Menurutnya, persentase kelulusan siswa tahun lalu bukan lah menjadi tolok ukur mendasar tingkat kelulusan siswa. Namun hal tersebut justru dapat dilihat dari hasil tes daya serap (TDS) atau try out yang baru dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kalau tahun sebelumnya, hasil TDS untuk SMA/SMK/MA hasilnya cukup baik. Jika tahun ini lebih baik lagi, tentu tingkat kelulusan tahun ini akan lebih baik lagi. Apalagi standar nilai kelulusan UN 2012 masih sama dengan tahun yang lalu.

“Dengan persiapan matang, target seratus persen lulus UN, baik tingkat SD maupun SMA bisa tercapai. Apalagi, nilai UN bukan lagi menjadi faktor penentu kelulusan karena nilai ujian sekolah (US) dan rapor ikut menentukan. Jadi tinggal bagaimana siswanya apakah siap menghadapi UN atau tidak,” imbuhnya.

Wagiman menyebutkan sebelumnya, Disdik juga telah memanggil kepala sekolah, baik SMP maupun SMA dan sederajat di Kutim untuk melakukan koordinasi dalam menghadapi UN tersebut. Masing-masing sekolah juga telah melakukan persiapan sesuai kemampuan pihak sekolah. “Dengan persiapan yang matang, kita harapkan para siswa dan sekolah juga menyiapkan dalam pelaksanaan TDS tersebut,” sebut Wagiman.

Seperti diketahui, pelaksanaan ujian nasional akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 18 April mendatang. Hal ini sudah diinstruksikan oleh Mendiknas beberapa waktu lalu, sehingga sekolah-sekolah di seluruh Nusantara bisa mempersiapkan anak didiknya sejak dini.

sumber :

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan",
 prop  : jawa timur
 T/A   : 2011/2012

3 komentar:

  1. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
  2. Ayo daftarkan diri Anda di F4ns Bett1ng
    pin bbm 5ee80afe

    BalasHapus
  3. Terpercaya, Berpengalaman, CS ramah dan online 24 jam.
    Gabung dengan kami (www,updatebetting,co) dan dapatkan cashback 3% setiap minggunya.

    BalasHapus

Tanggapan dan Komentarnya ..?